Minggu, 10 Oktober 2010

Semisal Pohon Keimanan

Pernahkah anda mengunjungi negara Selandia Baru? Jika kita kesana dan tiba di kota Rotora, maka kita akan mendapati sebatang pohon redwood yang merupakan salah satu pohon terbesar dan terkuat di dunia. Pohon ini sangat hebat, karena walau ada badai yang amat dahsyat sekalipun, pohon redwood ini akan tetap berdiri dengan kokohnya.

Subhanallah... hebat bukan? tetapi, tahukah anda bagaimana pohon ini bisa sekuat itu?

Ternyata, pada saat pertama kali di tanam, tidak terlihat adanya pertumbuhan dari pohon ini. Tapi jangan salah sangka, ternyata akar dari pohon ini bertumbuh ke dalam tanah, bergerak dan terus bergerak, semakin lama semakin dalam, dan semakin dalam, untuk membangun kekuatan di dalamnya. Baru setelah 3 tahun, pohon ini mulai menampakkan pertumbuhan ke atas dan menjadi semakin besar. Karena itulah walau ada badai sehebat apapun, pohon ini tetap kokoh berdiri karena akarnya sudah sedemikian kuat menahan batang pohon tersebut.

Sekarang tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah Ta'ala telah membuat perumpamaan kalimat yang baik (kalimat Tauhid / Laa ilaaha illallah) seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Rabb-nya. Dan perumpamaan kalimat yang buruk (kalimat kufur, syirik) adalah seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-
akarnya dari permukaan bumi tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun. (lihat Q.S. Ibrahim: 24-25). Wallahu a’lam.


Nay Sudarminto

Tidak ada komentar: